b:include data='blog' name='all-head-content'/> Bonsai Bandung | Indo Bonsai | Pen-Jing | Lukman Rancaekek Bonsai | Artikel Gratis!

Pages

Apa itu Bonsai ?

Bonsai adalah seni dari miniaturisasi, ini merupakan suatu nama yang diberikan kepada tanaman yang tumbuh dan dirawat dg ukuran yang lebih kecil dibanding pertumbuhan alami nya. Jepang sudah merancang teknik dari Bonsai demikian rupa sehingga mereka kini mampu menciptakan pemandangan keseluruhan dalam ukuran kecil dengan detil yang hampir tidak masuk akal. Bonsai mempunyai kesan bahwa ketika memandanginya akan menyerupai suatu pohon yang sangat besar tumbuh secara alami di tempat yang liar, dengan batang yang kokoh, cabang dan daun-daun yang kecil. Untuk memberi isyarat kepada seseoran suatu bonsai bisa merupakan suatu pohon yang mewakili suatu bentuk atau lambang pohon yang alami. (hans)


Beberapa Peralatan Bonsai :

Saturday, November 1, 2008

Bonsai

Dibuat tgl 30 Okt 2008

Oleh : Lukman (Rancaekek)

Bonsai

Semakin hari semakin banyak jumlah penggemar tanaman mungil ini, namun bagi para penggemar bonsai, bonsai bukan hanya sekadar pohon mini yang ditanam dalam pot. Ada syarat lain diantaranya Bonsai harus nampak kesan tua, keseimbangan antara batang, akar, cabang dan daun serta pengaturan pertumbuhannya. Dengan demikian kata awal bon dan sai tidak selalu tepat jika diartikan secara harfiah, sebab tidak semua tanaman dalam pot dapat dikatagorikan bonsai.

Sebuah wadah yang bernama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) telah menetapkan beberapa kriteria standar untuk menilai bonsai. Batasan dimaksud adalah bahwa Bonsai merupakan suatu hasil karya seni tanaman yang bernilai tinggi dalam mengekspresikan keindahan alam. Sebuah karya seni bonsai merupakan hasil perwujudan imajinasi dari seniman bonsai berdasarkan fenomena alam. Sebagai suatu karya seni, maka keindahan karya seni bonsai sangat dipengaruhi oleh tingkat pemikiran dan wawasan sesuai dengan jiwa, cita rasa serta kepribadian seniman bonsai pembuatnya.

Bonsai adalah seni miniaturisasi, nama ini diberikan pada hampir semua tanaman berbatang keras yang tumbuh dalam wadah dan selalu dirawat serta dijaga untuk tetap mini namun tumbuh dengan cara alami. Orang Jepang telah mengembangkan bonsai dengan sungguh menakjubkan, bahkan dari mulai struktur pohon, dari akar, batang, cabang, ranting hingga daunnya dan bukan hanya itu merekapun dapat menampilkan sebuah gambaran pohon besar dan tua namun tumbuh dalam kondisi miniatur dalam pot.

Pohon apa saja yang dapat dijadikan Bonsai ?

Semua tanaman dapat dijadikan bonsai jika dapat bertahan hidup dalam bentuk yang kecil (kerdil) dalam sebuah wadah (pot), bahkan mestinya pohon kelapa pun dapat disebut bonsai jika memenuhi kriteria sederhana di atas. Ide dasarnya adalah bagaimana menampilkan sebuah pohon miniatur yang atraktif yang tumbuh dalam pot. Tanaman dapat dibentuk dengan gaya yang sesuai dan memenuhi selera pribadi masing-masing. Hal yang paling esensial dari “aturan” bonsai adalah memahami pola tumbuh tanaman, barulah kemudian memahami “aturan “ bonsai (jika memang ada standarnya). Dari penjelasan tersebut pertanyaan sederhana adalah : dapatkah pohon itu tetap hidup dalam pot yang tipis setelah di potong akarnya, batangnya dan daunnya namun tetap menampilkan sosok pohon besar yang tua ? Jika kita setuju dengan pandangan di atas, maka bonsai akan lebih bersifat universal (bukan berarti sekarang tidak bersifat universal).

Bagaimana Bonsai dipertahankan dalam bentuk mini

Bonsai adalah pohon hidup dan tumbuh yang akan selalu tumbuh membesar sampai akhirnya mati. Bagaimanapun juga untuk menciptakan bentuk sebuah bonsai adalah menimbulkan bentuk mini dan tetap mempertahankannya. Sewaktu menentukan pilihan jenis pohon untuk dibuat bonsai, tentukan pula maksimal besar dantingginya pohon itu untuk tumbuh, hal ini bertujuan untuk menimbulkan keharmonisan antara besar batang, cabang dan tingginya, jika hal ini diputuskan dengan bijak maka dalam kurun 100 atau 200 tahun kemudian pohon tersebut akan tetap tumbuh dalam bentuk seimbang dan enak dipandang karena memenuhi keharmonisan keseluruhannya. Banyak pe bonsai kurang menyadari hal ini. Sebenarnya untuk memenuhi kriteria bonsai yang baik kita harus pahami dulu filosopi dari pohon tersebut, bagaimana dia dapat hidup dengan kondisi extrim, bagaiman alam membentuknya.

Pembentukan dengan menggunakan kawat aluminium adalah bentuk sentuhan seni dari sang seniman termasuk pula pemotongan akar, batang dan ranting. Jadi perlakuan itu bukan bentuk “penyiksaan manusia atas tanaman”. Namun perlakuan itu adalah untuk menampilkan sosok yang jauh lebih baik lagi.

Pemilihan bahan bonsai

Pemilihan jenis pohon yang baik untuk dibentuk bonsai sangat menentukan bagi sang penggemar, pilihan sederhana contohnya adalah jenis beringin (ficus). Hal ini disebabkan hamper setiap orang pernah melihat pohon beringin besar di alun-alun kota, sehingga pada saat kita membentuknya menjadi bonsai, kita sudah mendapat inspirasi kuat terhadap bahan yang akan kita bentuk. (lukman_rancaekek)

0 comments:

bonsai - Google News

Oh!Belog

 

Site Info

Blog ini kupersembahkan untuk sahabatku yang selalu memberikan motivasi dan support kepada saya dan para pencinta Bonsai dimanapun anda berada. Semoga selalu sukses dengan ilmu dan akal yang cerdas yang telah diberikan oleh Allah swt serta dapat mensyukurinya atas apa yang sudah didapatkannya. Do'aku menyertai selalu agar sukses karena yakin dengan keshalehan, keikhlasan dan kesungguhan cita citamu akan tercapai. Amien

Indobonsai, Bonsai Bandung Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template